Friday, July 10, 2009

Joomla!, Salah Satu CMS Terbaik di Dunia

Joomla! adalah salah satu aplikasi Content Management System (CMS) gratis yang dibuat untuk memudahkan kita dalam merancang dan membangun website sendiri. Mengapa disebut memudahkan kita? Karena kita tidak perlu banyak belajar tentang bahasa-bahasa pemrograman seperti kode-kode HTML, PHP, dan lain sebagainya yang terkait. Dengan Joomla!, kita hanya tinggal mengatur bagaimana tampilan template website kita, apa isi content kita, dan banyak lagi sehingga kita tidak perlu memasukkan kode-kode script HTML yang njelimet. Dengan kata lain, Joomla! sebagai aplikasi berbasis Open Source sudah siap pakai.



Joomla! selalu berusaha berkembang dan maju secara bertahap. Joomla! selalu menawarkan sedikit demi sedikit perubahan-perubahan terhadap aplikasinya, yaitu dengan cara meluncurkan berbagai seri CMS secara bertahap. Kali ini yang terbaru adalah Joomla! 1.5.12 Full Package. Memang hingga saat ini, Joomla! masih sedikit di bawah Drupal dalam kepopuleran dan tingkat frekuensi download oleh para konsumen. Namun, Joomla! seakan tak pernah menyerah dan terus bersaing ketat dengan Drupal, layaknya persaingan prosessor Intel dengan AMD.

Sebenarnya menurut saya, Joomla! sedikit lebih baik daripada Drupal. Meski memang Drupal tampak lebih mudah dalam pengoperasiannya, namun dalam hal tampilan (template), Joomla! lebih terlihat modern dan keren dibanding Drupal yang terlalu kaku dan kasual. Ada banyak alasan mengapa Joomla! sesungguhnya lebih populer, di antaranya:

  1. Banyak digunakan oleh perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas, beberapa lembaga pemerintahan, portal, personal dan lain sebagainya.
  2. Instalasinya mudah.
  3. Tampilan antar mukanya segar dan mudah dipahami.
  4. Waktu pembuatannya cepat dan efisien.
  5. Dengan Joomla!, kita bisa mengubah atau menambah isi website sesuka kita tanpa harus membongkar halaman website satu per satu.
Saya sendiri sebenarnya sudah ngiler dan tertarik sewaktu saya mencobanya. Mudah sekali dioperasikan. Bagi pengguna awam, Anda bisa memakai buku petunjuk tentang pembuatan website dengan Joomla! yang banyak beredar di toko-toko buku terdekat. Atau Anda bisa mencari tutorialnya di situs resmi Joomla! di www.joomla.org. Nah, kalau Anda tertarik dan ingin mencobanya, Anda bisa men-download aplikasi Jommla! seri 1.5.12 Full Package di sini. File-nya berbentuk ZIP, jadi Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu. Satu lagi yang penting, Anda harus meng-install terlebih dahulu MySQL sebagai database Anda, Apache, dan PHP. Anda tidak perlu men-dowonload-nya satu per satu. Kini ketiganya sudah hadir dalam satu paket, bernama XAMPP. Anda bisa men-download XAMPP tersebut di situs www.apachefriends.org. XAMPP kompatibel dengan sistem operasi manapun, termasuk Windows, Linux, Solaris, maupun Mac OS X. Anda tinggal memilihnya. Jika Anda pengguna Windows, saya sarankan Anda men-download yang versi installer saja. XAMPP saat ini yang terbaru adalah:

  1. XAMPP 1.7.1 untuk Windows
  2. XAMPP 1.0.1 untuk Mac OS X
  3. XAMPP 0.9 untuk Solaris
  4. XAMPP 1.7.1 untuk Linux
Mungkin itu saja ulasan saya mengenai Joomla!. Kalau ada yang ingin ditanyakan, entah bagaimana proses penginstalannya, atau komponen-komponen di dalamnya, Anda bisa menanyakan kepada saya melalui email atau SMS. Saya akan berusaha untuk mengupas tuntas dalam post saya nanti.

2 comments:

rivaekaputra said...

thx....sy lg survey untuk menekuni CMS mana yg terbaik & trus berkembang nih

Ananda Rifqy said...

CMS terbaik di dunia saat ini baru didominasi tiga CMS Open source:
Joomla!, Drupal, dan Wordpress.

Post a Comment

Setelah membaca post di atas, kasih comment (NO SEX and NO SARA) ya! Thanks!

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.