Saturday, August 29, 2009

Dua Kali Terbaring Sakit Karena Satu Macam Penyakit

Apa yang saya alami ini terjadi baru-baru saja, seminggu lebih. Dan dalam seminggu lebih itu, saya dua kali terbaring sakit. Yang pertama terjadi sebelum bulan Ramadhan, dan yang kedua terjadi di awal-awal bulan Ramadhan. Langsung saja saya ceritakan untuk mempersingkat waktu.

Perlu untuk Anda ketahui, saya adalah mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB), Malang untuk tahun akademik 2009/2010 atau bisa juga disebut angkatan '47. Saya mengambil jurusan Agribisnis di Fakultas Pertanian. Tentu karena saya berkuliah di Malang, saya harus indekos di dekat UB, karena rumah orang tua saya di Sidoarjo. Namun, saya membawa kendaraan sepeda motor untuk kemudahan transportasi.

Sebagai mahasiswa baru, tentu lumrah jika kita wajib mengikuti yang namanya Orientasi Pengenalan Kampus (OSPEK). Begitu juga yang ada di UB. Kegiatan itu berlangsung selama empat hari, satu hari ospek tingkat universitas yang mana peng-handle adalah para senior mahasiswa dari Eksekutif Mahasiswa (EM UB) pusat. Dan yang tiga hari setelahnya adalah ospek tingkat fakultas yang mana peng-handle adalah para senior mahasiswa dari BEM Fakultas.

Hari pertama, yaitu pada tanggal 18 Agustus 2009, bertepatan pada hari Selasa, diselenggarakan yang namanya PK2MU (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas). Kegiatannya dibuka dengan upacara yang dimulai sekitar pukul 07.00 (tapi saya tidak tahu pasti karena semua mahasiswa baru tidak diperkenankan membawa jam tangan dan handphone). Kegiatan PK2MU dibuka oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito. Setelah itu, semua mahasiswa baru yang terbagi antara cluster 1-22, dibawa menuju dua tempat. Yang cluster 1-11 menuju gedung Samantha Krida untuk mengikuti acara seminar yang pembicaranya adalah Rektor UB dengan Pembantu Rektornya (ada tiga Pembantu Rektor), diikuti temu tokoh yang menghadirkan salah satu pimpinan KPK, M. Jasin. Beliau juga lulusan S1 UB jurusan Ilmu Administrasi (dulu Ilmu ketatanegaraan). Sedangkan yang cluster 12-22 menuju gazebo dekat Fakultas Kedokteran untuk diberi materi training motivation. Setelah duhur, kedua kloter ini bertukar tempat agar dapat merasakan acara yang sama. Saya sendiri masuk cluster 6.

Sebelumnya, pada pukul 05.00, kami para mahasiswa baru, khususnya Fakultas Pertanian, mendapat briefing dari kakak senior mengenai perihal tugas-tugas yang harus dibawa esok hari Selasa untuk ospek Fakultas. Saya melalui hari pertama dengan cukup lancar. Setelah acara usai pukul 17.00, saya kembali ke kos saya.

Setelah solat asar, mandi, kemudian solat magrib, saya berkoodinasi dengan teman-teman kelompok saya yang tergabung dalam kelompok 15 (Kelompok Kutu Daun) untuk membahas tugas kelompok dan individu agar lebih mudah. Setelah clear, saya kembali ke kos saya sekitar pukul 21.30. Sampai kos langsung silat isya', kemudian menuju meja belajar untuk mengerjakan tugas-tugas dari kakak senior yang berjibun. Awalnya saya merasa masih fit, namun suara agak serak-serak karena berteriak sepanjang hari untuk meneriakkan jargon Brawijaya. Ketika tugas sudah terselesaikan 80%, saya merasa lelah, sehingga saya memutuskan untuk beristirahat. Waktu itu jam menunjukkan pukul 02.30 dini hari. Di sinilah petaka dimulai.

Saat bangun, jam ternyata telah menunjukkan pukul 8.00 WIB. Ditambah lagi badan meriang, suara nyaris hilang, batuk-batuk, dan tenggorokan gatal. Seketika itu pula saya langsung ke dokter untuk diperiksa, dan ternyata saya sakit radang tenggorokan. Saya disuruh istirahat dua hari. Saya juga diberi surat dokter. Langkah selanjutnya adalah memohon bantuan ibu kos untuk menulis surat dan menyerahkannya ke ketua pelaksana ospek. Bahkan orang tua sampai harus datang dari Sidoarjo sore harinya karena khawatir.

Setelah dua hari berlalu, saya sudah merasa agak enakan. Saya bertekad mengikuti ospek di hari terakhir, sekalipun belum fit betul. Karena itu, saya langsung menghubungi teman-teman saya untuk bertanya tugas-tugas apa yang harus dibawa di hari ospek terakhir, yaitu hari Jumat, 21 Agustus 2009. Setelah tugas selesai, saya besok bisa mengikuti ospek dengan cukup lancar dan ospek pun berakhir. Saya bersyukur karena tidak usah megikuti ospek sebagai pengganti hari saya tidak masuk. Malam hari saya ikut tarawih, karena besok Sabtunya, 22 Agustus 2009, puasa sudah dimulai.

Hari pertama puasa lancar. Tarawih kedua pun saya jalani dengan baik di malam harinya. Tapi, petaka kembali terjadi sesaat setelah sahur. Badan kembali meriang, batuk-batuk, pusing. Saya memutuskan setelah solat subuh langsung tidur, berharap ketika bangun sudah baik kembali. Tapi, apa yang saya harapkan tidak berjalan sesuai harapan. Badan tetap tidak enak. Tapi, saya tetap memaksakan diri untuk puasa hingga magrib. Nah, setelah buka puasa, badan saya semakin panas, batuk-batuk, pusing semakin berat. Langsung saja saya memberitahu orang tua, dan mereka langsung menjemput saya malam itu juga habis isya' dari Sidoarjo. Setelah dijemput, saya langsung pulang dan esoknya saya berobat ke dokter, dan dengan terpaksa saya tidak berpuasa selama tiga hari terhitung mulai Senin, 24 Agustus 2009 sampai hari Rabu. Pada hari Kamisnya, saya kontrol kembali ke dokter dan diberi beberapa obat tambahan dan vitamin, namun saya telah puasa. Jadi, minum obatnya sehabis buka dan sehabis sahur. Padahal hari Selasa, Kamis, dan Jum'at adalah jadwal kuliah saya, Tapi, ya terpaksa izin. Dan saya akan masuk pada hari Selasa beikutnya.

Demikianlah cerita saya. Saya mengalami sakit dua kali hanya dalam waktu yang berdekatan. Dan penyebabnya hanya satu macam, radang tenggorokan. Penyakit ini paling sering saya alami. Mungkin karena alergi.

5 comments:

dhanee said...

anak angtan 47 juga ya?
sama la kita.
aku anak FTP, yang teknologinya.
pas ospek terahir kan yel-yel kita di adu kan, yg di depannya FK itu.

kalo g sala yel-yelmu yg "tani joyo! tani joyo! ..."
iya kan?
hehehe

btw, punya rekaman jargon brawijaya gag?

salam kenal yah C:

Ananda Rifqy said...

Iya kawan....

Hehehe... Perang jargon antar fakultas...

Tani Joyo!!!

Ehm, rekaman video jargon Brawijaya aku gag punya...

Salam kenal juga.
Salam damai dari mahasiswa Agribisnis Faperta!

Angga Lileo Prananta said...

sibh..... jaga kondisi kawan .........



buat kawan yang telah mengenal mu jdi bangga tlah mengenal mu....


congrat for U have gotten...hahaha ,,, op artine...




i still wait your inspiring,,,,,,,,,,,

dhanee said...

temenku ada kok yang di pertanian, tapi aku lupa dia mabil apa.

mau FTP kek, mau FP kek, yang penting "salam satu jiwa, para pemimpin bangsa!!!

Ananda Rifqy said...

All: Join UB, Be The Best!

Post a Comment

Setelah membaca post di atas, kasih comment (NO SEX and NO SARA) ya! Thanks!

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.